Sunday, March 9, 2008

Visi & Misi Sekolah

VISI
Menjadi pusat pendidikan dan pelatihan kejuruan terpadu yang unggul dalam kualitas imtak dan iptek, berwawasan global serta prima dalam pelayanan yang diwujudkan melalui pengembangan budaya Learning Community di antara semua elemen yang terlibat di dalamnya.

MISI
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kejuruan tingkat menengah pada bidang-bidang keahlian yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan industri dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja siap pakai baik untuk kepentingan lokal, nasional maupun global.
2. Melaksanakan berbagai program peningkatan profesionalisme dan kesejahteraan tenaga edukatif dan non edukatif yang menundukung penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan pada institusi dimaksud secara bertahap dan berkesinambungan.
3. Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan dan pelatihan sesuai dengan kebutuhan institusi/lembaga.
4. Membangun kemitraan dengan dunia usaha dan industri serta pemangku kebijakan (stakeholder) lainnya.
5. Meningkatkan mutu dan relevansi output pendidikan dan pelatihan secara terus-menerus.

STRATEGI PENCAPAIAN VISI & MISI
1. Melakukan pembenahan pada sistem tata kelola (manajemen) SMK Airlangga Balikpapan baik secara internal maupun eksternal.
2. Peningkatan pencitraan publik terhadap keberadaan SMK Airlangga Balikpapan baik sebagai sebuah institusi maupun sebagai bagian dari sistem dalam Yayasan Airlangga khususnya dan Departemen Pendidikan Nasional umumnya.
3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur pelaksanaan diklat, profesionalisme dan kesejahteraan para pengelola baik tenaga edukatif maupun non edukatif secara bertahap dan berkesinambungan.
4. Melakukan reposisi (pengurangan atau penambahan) bidang keahlian yang telah dilaksanakan selama ini. Penentuan bidang keahlian hendaknya mengacu kepada konsep ‘supply & demand’ dan ‘link & match’ terhadap trend perkembangan dunia usaha dan industri saat ini maupun di masa-masa yang akan datang.
5. Selalu berusaha mengimplementasikan tata nilai (values) yang telah disepakati secara bersama-sama dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab masing-masing.


TATA NILAI
1. BERAHLAK MULIA
Setiap elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan di SMK Airlangga Balikpapan hendaknya selalu menjunjung tinggi dan mencerminkan ahlak mulia dalam berbagai tindakan yang dilakukannya. Ahlak mulia ini menjadi salah satu bentuk pengejawantahan kualitas iman & takwa (imtak) yang bersangkutan dimana hal tersebut merupakan salah satu elemen yang tercantum dalam visi sekolah.

2. DISIPLIN & BERKOMITMEN
Selain berahlak mulia, setiap komponen penyelelenggaraan pendidikan dan pelatihan di SMK Airlangga Balikpapan mulai dari ketua yayasan, kepala sekolah, guru, staf & karyawan serta siswa, hendaknya selalu berusaha melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan serta berkomitmen untuk tetap melaksanakannya.

3. VISIONER & BERINTEGRITAS
Disamping kedua hal di atas, memiliki visi yang jelas terhadap segala hal yang diyakini dan dilakukannya merupakan salah satu tata nilai yang harus diimplementasikan oleh segenap elemen yang terlibat dalam penyelengaaran pendidikan dan pelatihan di SMK Airlangga Balikpapan. Pengejawantahan hal ini tentu berdampak pada integritas yang dimiliki oleh yang bersangkutan.

4. PEDULI
Setiap elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan di SMK Airlangga Balikpapan hendaknya juga selalu memiliki kepedulian antar sesama dan lingkungan sekitarnya yang diwujudkan dalam berbagai kegiatan dan/atau tindakan nyata baik di lingkungan sekolah maupun di luar.

5. IKHLAS
Selain keempat tata nilai di atas, setiap komponen yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan di SMK Airlangga Balikpapan hendaknya melaksanakan segala tugas dan tanggungjawabnya dengan tulus dan ikhlas. Pelaksanaan tugas dan tanggung jawab tersebut hendaknya tidak didasarkan atas perintah apalagi tekanan dari orang lain, melainkan semata-mata karena kesadaran yang muncul dari dalam dirinya sendiri.

No comments: