Tuesday, March 11, 2008

DESKRIPSI KEGIATAN ROADSHOW TAHUN 2008

DESKRIPSI KEGIATAN
SOSIALISASI CARA CEPAT MENJAWAB SOAL UN BAHASA INGGRIS
DAN ROADSHOW KARYA SISWA SMK AIRLANGGA BALIKPAPAN
DI SLTP-SLTP KOTA BALIKPAPAN TAHUN 2008

A. TUJUAN
1. Meningkatnya keterampilan siswa SLTP dalam menjawab soal-soal Ujian Nasional Bahasa Inggris Tahun Pelajaran 2007/2008.
2. Meningkatnya pemahaman siswa SLTP tentang SMK Airlangga khususnya dan SMK pada umumnya.
3. Meningkatnya animo siswa SLTP untuk melanjutkan pendidikannya di SMK Airlangga Balikpapan.
4. Jumlah siswa yang mendaftar sebagai siswa baru di SMK Airlangga Balikpapan tahun ajaran 2008/2009 lebih tinggi daripada jumlah pendaftar tahun lalu.

B. TIM PELAKSANA
1. Penanggung Jawab : Kepala SMK Airlangga Balikpapan
2. Ketua : Lailiya Chilmiyana, SE
3. Pembawa Acara : Fitriyanah

4. Pemateri Bhs.Inggris : Nara Sumber : Syamsul Aematis Zarnuji, S.Pd
Anggota : Rachel Pali’ Tondok, BA

5. Tim Teknis IT : Koordinator : Safrida, ST/Mega Wijaya
Toolman : Haprianto Parinding III MM
Webman/Blogger : Muhammad Abrori III MM
Jumaisah III RPL
Cameraman : Rohani III MM

C. PESERTA : Siswa Kelas III Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP)

D. TEMPAT PELAKSANAAN : Di 10 Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP)

E. WAKTU PELAKSANAAN : 24 -31 Maret 2007

F. PERALATAN/MEDIA :
Laptop, LCD, LCD Monitor, Mobile Internet Access Broadband, Kamera, Handy Cam, CD Blank, Brosur, Formulir Pendaftaran Siswa Baru, Standing Banner Sekolah, Spanduk Dalam Ruangan & Sound System.

G. DURASI : 10 kali kunjungan @ 175 menit.

H. MATERI ROADSHOW :
1. Sambutan dari SLTP Yang Dikunjungi & SMK Airlangga Balikpapan (Live) : 10 menit
2. Perkenalan SMK Airlangga Balikpapan (Live) : 15 menit
3. Demonstrasi Website Karya Siswa SMK Airlangga Balikpapan (Live) : 10 menit
4. Demonstrasi Weblog Siswa dan Guru SMK Airlangga Balikpapan (Live) : 10 menit
5. On The Spot-Weblog Making bagi Siswa-Siswi SLTP (Live) : 30 menit
6. Tanya Jawab tentang Materi Yang Telah Disampaikan (Live) : 15 menit
7. Pendaftaran Siswa Baru-On the Spot (Live) : 20 menit
8. Presentasi Cara Menjawab Cepat Soal UN Bahasa Inggris (Live) : 30 menit
9. Tanya Jawab tentang Cara Menjawab Cepat Soal UN Bhs. Inggris (Live) : 15 menit
10. Game berhadiah tentang Materi Rodashow (Live) : 20 menit

TOTAL WAKTU ………………………………………………………………………………........... : 175 menit


I. SKENARIO KEGIATAN ROADSHOW
1. Tim Roadshow memasuki ruangan 30 menit sebelum acara dimulai. Tim teknis mengeset perangkat-perangkat yang dibutuhkan dan memastikan semua perangkat bekerja dengan baik.
2. Siswa SLTP didampingi guru pendamping memasuki ruangan. Tim Rodashow menyambut mereka.
3. Tim Rodashow dan siswa SLTP mengambil tempat yang telah disediakan.
4. MC membuka acara, menjelaskan agenda rodashow lalu memberikan kesempatan kepada pihak sekolah yang dikunjungi dan SMK Airlangga Balikpapan untuk menyampaikan sepatah dua patah kata kepada siswanya dan Tim Rodshow. Penekanan pada saat MC menjelaskan agenda adalah bahwa acara puncak dari kegiatan radshow tersebut akan membedah bagaimana menjawab soal UN Bahasa Inggris dengan cepat dibagian akhir acara dan ditutup dengan Game Berhadiah.
5. Acara dimulai dengan memperkenalkan SMK Airlangga Balikpapan kepada siswa SLTP yang hadir melalui sebuah presentasi yang akan disampaikan oleh MC. Isi presentasi ini sebagian besar menonjolkan perbedaan SMK Airlangga Balikpapan dengan sekolah-sekolah lainnya terutama pada produk atau hasil karya siswa yang telah dan akan dikembangkan.
6. Webman/webmaster mendemonstrasikan hasil karya siswa tersebut berupa website yang telah dibuat pada saat uji kompetensi tahun pelajaran 2007/2008 ini. Webman/webmaster juga mendemonstrasikan beberapa weblog siswa dan guru SMK Airlangga Balikpapan serta sekilas cara membuatnya. Poin yang perlu ditekankan disini juga betapa besarnya manfaat memiliki website atau weblog dalam era sekarang ini, terutama bagi pengembangan pembelajaran serta memperluas pergaulan dalam wilayah, ruang dan waktu yang tidak terbatas. Tunjukkan kepada siswa SLTP yang hadir pada kesemapatan itu bahwa membuat web atau blog itu tidak sulit. Demonstrasikan dengan singkat cara membuatnya !
7. Sambil webmaster menjelaskan hal tersebut, MC menawarkan kepada siswa SLTP yang dikunjungi untuk dibuat weblognya pada saat itu juga. MC meminta siswa yang mau untuk mengisi datanya dalam selembar kertas yang telah disediakan kemudian cameraman mengambil fotonya.
8. Webmaster memperagakan bagaimana membuat weblog dengan data-data dan foto siswa tadi. Setelah jadi kemudian di-apload dan ditayangkan hasilnya di layar atau monitor LCD Projector.
9. Sambil menayangkan hasilnya tersebut, para siswa SLTP yang dikunjungi diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang telah dipaparkan oleh Tim Roadshow. MC juga menawarkan kepada siswa SLTP yang mau mendaftar menjadi siswa pada saat itu dengan reward yang diberikan secara khusus berupa bebas uang pendaftaran dan memperoleh kesempatan untuk mengikuti pelatihan internet secara Cuma-Cuma.
10. Acara kemudian dilanjutkan dengan Presentasi Cara Cepat Menjawab Soal-Soal UN Bahasa Inggris yang akan disampaikan oleh Nara Sumber.
11. Setelah presentasi berakhir, acara dilanjutkan dengan tanya jawab terkait dengan tips-tips cara cepat menjawab soal UN Bahasa Inggris.
12. Sebelum ditutup, acara diakhiri dengan Game Berhadiah terkait dengan segala hal yang telah dipaparkan pada kunjungan roadshow tersebut. Game tersebut didisain berbasis komputer yang berisi soal-soal tentang SMK Airlangga Balikpapan dan materi-materi terkait lainnya. Soal-soal tersebut disimpan dalam file-file di komputer yang dihubungkan dengan tombol dalam program power point. Tombol-tobol tersebut diberi nomor sesuai dengan nomor soal atau aksesoris menarik lainnya. Pada saat permainan, siswa diminta atau ditawarkan untuk memilih tombol tersebut. Webmaster kemudian mengklik tombol tersebut. Dengan demikian secara otomatis soal tampil di layar monitor LCD. Siswa kemudian diminta menjawab soal tersebut. Jika jawabannya benar maka yang bersangkutan akan diberikan hadiah berupa pelatihan internet secara Cuma-Cuma atau hadiah dalam bentuk lainnya. Semua peserta pelatihan ini akan memperoleh sertifikat secara Cuma-Cuma.

Balikpapan, 11 Maret 2008

Ketua Pelaksana,
Lailiya Chilmiyana, SE

Penanggung Jawab,
Kepala SMK Airlangga Balikpapan,




Syamsul Aematis Zarnuji, S.Pd





1 comment:

Unknown said...

salam pak ...kami juga dari bpp..